Langkah-Langkah Mengganti Ban Mobil yang Benar

Langkah-Langkah Mengganti Ban Mobil yang Benar
Ketika mobil ban mobil kita bocor atau kempes, ada kalanya kita harus menggantinya sendiri karena kondisi yang mendesak. Setelah memastikan mobil berada di tempat yang aman, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengganti ban mobil:

 

Image and video hosting by TinyPic
1. Pasang rem tangan terlebih dahulu dan pastikan tongkat transmisi berada di posisi P untuk mobil bertransmisi otomatis, atau di posisi N untuk mobil bertransmisi manual. Agar ban mobil tidak bergerak saat didongkrak, lakukan pengganjalan ban mobil secara diagonal.

2. Siapkan kunci roda, dongkrak dan alat untuk menurunkan ban cadangan. Bawa selalu alat-alat ini di dalam mobil.

3. Secara perlahan, turunkan ban cadangan dari dudukannya. Ketika ban cadangan selesai diturunkan langsung letakan di bawah bodi mobil, dekat ban yang akan diganti.

4. Dengan arah yang berlawanan jarum jam secara menyilang, kendorkan baut/mur roda yang akan diganti. Lakukan pengendoran ini secara hati-hati dan jangan sampai terlepas.

5. Lakukan pendongkrakan mobil secara hati-hati dan sesuai posisinya agar tidak merusak body mobil atau komponen lainnya. Untuk mengetahui titik dongkrak kendaraan, silakan baca di buku pedoman pemilik kendaraan.

6. Secara bergantian, lepas baut/mur pada ban yang akan diganti. Setelah itu, lepaskan ban dari as roda, lalu pastikan Anda menaruhnya di tempat yang aman.

7. Pasang ban cadangan disertai dengan pemasangan baut/mur roda. Kencangkan baut/mur roda secara menyilang dan merata dengan arah sesuai jarum jam.

8. Secara perlahan turunkan dongkrak lalu kencangkan mur/baut roda dengan kekuatan merata dan tingkat kekencangan sekitar 10 hingga 12 kg. Pastikan tingkat kekencangannya tidak berlebihan karena baut roda bisa patah.

9. Bereskan dongkrak serta peralatan pergantian ban dan simpan kembali ke dalam mobil. Tempatkan ban yang sudah diganti di tempat ban cadangan dan pastikan ban yang kempes atau bocor segera ditambal agar ban cadangan siap pakai ketika dibutuhkan.